Pelanggaran Netralitas ASN di Pinrang: Camat Paleteang Akui Teruskan Pesan Perekrutan Tim Balon Bupati

INSIDENNEWS.com, PINRANG– Pelanggaran pemilu terkait netralitas aparatur sipil negara (ASN) di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan (Sulsel) seolah tidak ada habisnya. Kendati maraknya sanggahan pemberitaan di sejumlah media online yang mencitrakan.

“Kaling Bantah Chat Camat Intruksikan Perekrutan Tim Balon Bupati” Pupus dan terbantahkan dengan adanya bukti pengakuan Camat Paleteang Andi Tambero, Jum’at 21/6/2024 kemarin Camat Paleteang mengaku telah meneruskan pesan chat perekrutan tim balon Bupati Partai Nasdem, Irwan Hamid.

“Iya, itu saya teruskanji, saya juga tidak tau siapa orang yang kirim itu dan kasih beginika sampai ada juga di group” katanya.

Sebelumnya, pada hari yang sama, HT (56) mantan lingkungan di salah satu wilayah kelurahan di kecamatan Paleteang mengaku menerima pesan chat dari Camat Paleteang Andi Tambero di aplikasi WhatsApp hp miliknya.

Kepada wartawan, HT mengatakan sekitar pukul 06.30 pagi, tepatnya hari jum’at, tanggal 21/6/2024. Dirinya menerima pesan chat dari pak camat. Setelah Ia screenshot dan teruskan ke beberapa orang rekannya termasuk beberapa awak media yang dikenalnya. Pesan chat tersebut terlihat dihapus oleh pengirim.

“Pagi sekitar jam 6.30. Saya terima, buka dan baca, kemudian saya screenshot dan teruskan ke beberapa teman, termasuk ke wartawan yang saya kenal. Setelah saya screenshot dan teruskan. Lalu saya membuka kembali dan pesannya sudah ia hapus” sebutnya.

Selain itu, didepan awak media, HT mengaku mengscreenshoot pesan, karena meyakini bahwa pesan tersebut akan dihapus oleh pengirim.

“Saya screenshot karena saya sangat yakin. Cepat atau lambat, pasti dia (Camat) akan hapus” ujarnya tersenyum

Terkait no kontak pak camat yang tersave di HPnya. Ia mengaku bahwa memang dulu sering komunikasi melalui telpon.

“Kalau nomornya memang sudah ada dan tersimpan, karena saya kan dulu lingkungan dan sering telponan sama beliau. Cuma sekarang ini kan saya berhenti karena mengundurkan diri,”ujarnya.

Adapun pesan pak camat, kata HT. Mungkin karena salah kirim dan secara kebetulan ada nama lingkungannya yang sama persis dengan nama saya. Jadi mungkin pak Camat ini mengira mengirim pesan chat ke lingkungannya. Namun masuk ke pesan WhatsApp saya,” bebernya.

HT mengungkapkan, jika pesan chat yang diterima dari pak Camat bukan chat yang diteruskan, tetapi tulisan langsung dari pak camat.

“Kita lihat saja, Ini kan chat langsung dari nomornya Pak Camat. Jika ia teruskan otomatis disini terbaca dan muncul kata “diteruskan” tapi kan disini tidak ada.” sebutnya memperlihatkan pesan chat An : Tambero dengan no kontak 085200077703.

Terakhir ia meminta agar awak media melakukan klarifikasi ke nomor kontak tersebut. Dan betul terbukti merupakan nomor pribadi Camat Paleteang.

Terpisah Kelompok Independen Pencari Fakta (KIPFA) RI, Sukiman Zakaria SH mengungkap baik chat yang dikirim secara langsung maupun pesan chat yang diteruskan merupakan alat bukti atas keberpihakan Camat kepada salah-satu bakal calon karena turut serta melakukan/membantu perekrutan tim pemenangan Jelasnya.

Dikatakan ada dugaan Camat Paleteang Andi Tambero berupaya menghilangkan barang bukti dengan menghapus pesan chat yang telah ia kirim. Dan melakukan upaya pembenaran melalui dukungan para Kalingnya yang otomatis takut mengungkapkan fakta dan kebenaran pada pemberitaan yang terekpose di media.

Hal yang sama juga disampaikan ketua Lembaga Pengawasan Keuangan dan Aset Negara (LPKN) Rusman. Keberpihakan Camat Paleteang A Tambero yang dibuktikan melalui pesan chat di aplikasi WhatsApp telah mencoreng citra dan netralitas ASN/PNS yang dilarang terlibat politik praktis.

Senada, Ketua LSM Kompak Muh. Sinrang Rais.SH menyebutkan bahwa apa yang sudah terjadi dengan persoalan ini, itu sudah menjadi kenyataan bahwa ketidak netralan seorang ASN dalam perhelatan politik dalam Pilkada 2024. dan tidak menghiraukan himbauan pak PJ Bupati Pinrang yang tidak henti hentinya menyampaikan agar ASN harus netral dalam Pilkada yang akan datang. Pokoknya kita tinggal menunggu apa tindakan pak PJ Bupati Pinrang.

Diberitakan sebelumnya pesan WhatsApp Pak Camat Bocor, Ada Tugas Lurah dan Kepala Lingkungan Merekrut tim Pemenangan Balon Bupati Partai Nasdem.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *