Bersama Puspaga, Prodi PAI IAIN Parepare Lakukan Pendampingan Akhlak Generasi Anak Pasar

INSIDENNEWS.com,PAREPARE–Program Studi (Prodi) Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare, menggandeng Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga), melakukan pendampingan dan bimbingan akhlak anak-anak di Pasar Lakessi. Selasa, (25/6/2024).

Ketua Prodi PAI IAIN Parepare, Rustan Efendy, mengatakan, kegiatan tersebut menjadi implementasi mata kuliah, dalam bingkai pengabdian kepada masyarakat. Sehingga, memberikan keluasan ruang bagi mahasiswa, untuk berkontribusi aktif di lingkungan masyarakat.

“Jadi memang kali ini kami fokus menyentuh anak-anak. Secara khusus, anak pasar yang dari pandangan kami, mereka sangat butuh untuk di bimbing dan disentuh akhlak maupun religius mereka,”katanya.

Ketua Prodi PAI IAIN Parepare, Rustan Efendy, saat menyampaikan sambutan kepada anak-anak pasar Lakessi, (25/6/2024).
Ketua Prodi PAI IAIN Parepare, Rustan Efendy, saat menyampaikan sambutan kepada anak-anak pasar Lakessi, (25/6/2024).

Dia menambahkan, hal lain yang mendorong hadirnya kolaborasi antara mahasiswa dengan dosen, untuk datang langsung merealisasikan program tersebut. Sebab, menjadi bentuk kepedulian dan kepekaan mereka dalam menitipkan edukasi untuk generasi.

Pasalnya, sambung Rustan, kondisi anak-anak bahkan remaja saat ini cukup mengkhawatirkan, ditengah kerasnya dampak pergaulan dan lingkungan, yang semestinya belum siap mereka terima.

Terlebih, baginya, ketertarikan dan kebutuhan terhadap pendidikan minim diminati oleh anak-anak disekitar pasar.

“Semoga saja, rangkulan kami dan mahasiswa diterima baik oleh anak-anak kita ini. Sehingga, output baik dari program benar terjadi,”pungkasnya.

Suasana kegiatan, saat mahasiswa mengajak anak-anak pasar Lakessi, mengenal aksara Bugis, (25/6/2024).
Suasana kegiatan, saat mahasiswa mengajak anak-anak pasar Lakessi, mengenal aksara Bugis, (25/6/2024).

Dia berharap, kegiatan tersebut dapat masif dan aktif dilakukan. Karena bagi Rustan, program itu, sejalan dengan pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pendidikan dan pengajaran, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat.

“Nah, yang kita lakukan ini dalam konteks pengabdian kepada masyarakat,”tuturnya.

Pada kesempatan itu, dia turut mengucapkan rasa terima kasih dan bangga kepada Puspaga Parepare, yang siap memberi wadah dan membuka kesempatan kolaborasi dengan Prodi PAI.

“Terima kasih kepada Puspaga Parepare, yang luar biasa hebat telah lebih awal mendampingi anak-anak. Insyaallah, kita siap untuk berkolaborasi dan bermitra bersama dalam pembimbingan ini,”pungkasnya.

Suasana kegiatan, saat mahasiswa mengajak anak-anak pasar Lakessi, mengenal aksara Bugis, (25/6/2024).
Suasana kegiatan, saat mahasiswa mengapresiasi anak-anak pasar Lakessi, dengan pengetahuan yang dipahamj, (25/6/2024).

Sementara, Ketua Puspaga Parepare, Sriyanti Ambar, mengaku mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa dan dosen Prodi PAI IAIN Parepare.

Baginya, keterlibatan langsung mahasiswa dan dosen, sebagai bagian dari institusi pendidikan, dalam kegiatan sosial tersebut, memiliki dampak baik. Sehingga, tentu semakin menumbuhkan semangat anak-anak pasar, untuk hadir di lingkungan pembinaan diri.

“Saya senang sekali kalau ada mahasiswa yang datang ke tepi pasar lakessi, untuk bersama-sama membimbing kembali adik-adik kita, calon generasi hebat ini,”pungkasnya.

Dia berharap, kedepannya, akan semakin banyak lagi kelompok atau organisasi yang peduli terhadap masa depan generasi muda. Serta, sasarannya bukan hanya anak-anak tapi dapat juga menyentuh remaja bahkan lansia.

“Karena di Puspaga selain anak-anak Pasar, kami juga aktif membina remaja dan lansia. Kami juga selalu siap berkolaborasi untuk kebaikan mereka,”tandasnya.

*Jer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *