Operasi Patuh Pallawa 2024 Resmi Digelar di Sulawesi Selatan

INSIDENNEWS.com, PAREPARE– Operasi Kepolisian Mandiri Kewilayahan dengan sandi Operasi Patuh 2024 secara resmi dimulai serentak di seluruh wilayah Indonesia pada Senin (15/7/2024). Di wilayah Sulawesi Selatan, operasi yang mengedepankan Satuan Lalu Lintas ini disebut Operasi Patuh Pallawa 2024.

Pelaksanaan Operasi Patuh Pallawa 2024 di wilayah hukum Polres Parepare ditandai dengan upacara gelar pasukan, yang diikuti oleh personel Polres Parepare, TNI, Brimob, Dishub, dan instansi terkait lainnya, yang dilaksanakan di Mapolres Parepare.

Amanat dari Kapolda Sulsel Irjen Pol. Rian R. Djajadi yang dibacakan oleh Pimpinan Apel Gelar Pasukan, Kompol Muttalib (Waka Polres Parepare), menyebutkan ada delapan jenis pelanggaran yang menjadi sasaran prioritas pada Operasi Patuh Pallawa 2024. Pelanggaran tersebut meliputi pengendara yang menggunakan handphone saat berkendara, pengendara di bawah umur, pengendara sepeda motor yang berboncengan lebih dari satu, pengendara yang tidak menggunakan helm standar dan knalpot tidak sesuai spesifikasi teknis (brong), pengendara dalam pengaruh alkohol, pengendara yang melawan arus, kendaraan over dimensi/over loading, dan kendaraan dengan TNKB tidak sesuai spesifikasi teknis (plat gantung), serta pengemudi yang melebihi batas kecepatan.

Dalam amanatnya, Kapolda berharap Operasi Patuh Pallawa 2024 yang berlangsung dari tanggal 15 Juli hingga 28 Juli 2024 dapat menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas di jalan-jalan rawan kecelakaan dan trouble spot serta meminimalisir fatalitas korban kecelakaan lalu lintas.

Kasat Lantas Polres Parepare AKP Adnan Leppang, yang mewakili Kapolres Parepare, memberikan imbauan seusai upacara gelar pasukan. “Diharapkan masyarakat tertib berlalu lintas, mengikuti aturan guna terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas di jalan. Mari kita wujudkan lalu lintas sebagai cermin budaya bangsa di tengah laju modernisasi,” ujarnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *