Pemkot Siap Bersinergi Wujudkan PNP Jadi Pelabuhan Ideal dan Sehat di Parepare

INSIDENNEWS.com,PAREPARE–Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare akan ikut mewujudkan Pelabuhan ideal yang prima segera hadir di Parepare, Kamis (25/7/2024).

Hal itu diungkapkan, Pj Walikota Parepare, Akbar Ali, usai mendampingi Tim Verifikator dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, pada kegiatan verifikasi lapangan penghargaan pelabuhan dan bandar udara sehat 2024, di Pelabuhan Nusantara Parepare (PNP).

Akbar Ali mengungkapkan, Pemkot akan memberikan dukungan penuh, dan partisipasi aktif untuk menjadikan Pelabuhan Nusantara ini, sebagai Pelabuhan yang berhasil menyajikan pelayanan terbaiknya.

“Baik dari segi fasilitas, kebersihan, maupun ideal untuk mendapatkan predikat, menjadi salah satu pelabuhan sehat di Indonesia,” ujarnya.

Dia berharap, semua stakeholder terkait dapat memanfaatkan kreativitas dan inovasi menarik. Agar Pelabuhan Nusantara Parepare, selalu menjadi pilihan masyarakat, karena kenyamanannya.

Sementara, Ketua Tim Verifikator, Tunggul Birowo, mengatakan, kegiatan verifikasi tersebut bertujuan untuk menjadi sinyal khusus, untuk setiap Pelabuhan agar memperhatikan standar kesehatan yang paripurna, termasuk Pelabuhan Nusantara Parepare.

Sebab, kata dia, dalam peroperasianya setiap Pelabuhan mesti memiliki standar yang sesuai dan berlaku.

“Seperti dari segi kesehatan, tentu kita harapkan Pelabuhan tidak menjadi tempat penyebaran penyakit, yang mungkin dapat membahayakan pekerja maupun pengguna jasa, yang mendapatkan pelayanan di Pelabuhan tersebut,”jelasnya.

Dia melanjutkan, dalam kegiatan verifikasi lapangan itu, ada enam aspek indikator yang menjadi tumpuan penilaian untuk predikat Pelabuhan sehat.

Hal tersebut meliputi, kesehatan lingkungan, sarana dan prasarana, perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), kelembagaan, serta keamanan dan ketertibannya.

“Kami perhatikan, Pelabuhan Nusantara ini dari ke enam poin tersebut cukup terpenuhi. Nampak bersih, tertata dan keamanannya juga baik,”tandasnya (.)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *