Bappelitbangda Sulsel dan JICA Siap Bekerjasama dengan Pemkot Parepare Tangani Kemiskinan

INSIDENNEWS.com, PAREPARE– Bappelitbangda Provinsi Sulawesi Selatan bersama Badan Kerja Sama Internasional Jepang (JICA) siap bekerjasama dengan Pemerintah Kota Parepare dalam upaya penanggulangan kemiskinan, Rabu (19/6/2024)

Kesiapan ini ditandai dengan audiensi yang dilakukan oleh Kepala Bappelitbangda Sulsel, Dr. Setiawan Aswad, bersama Regional Development Policy Advisor for Region Sulawesi JICA, Shintani Naoyuki, Tenaga Ahli RDPA JICA, Prof. Darmawan Salman, dan tenaga ahli JICA lainnya, dengan Pj Wali Kota Parepare, Akbar Ali.

Rombongan Bappelitbangda Sulsel dan JICA diterima di Ruang Rapat Wali Kota Parepare. Pj Wali Kota Akbar Ali, yang didampingi oleh jajaran terkait, menyambut positif rencana kerja sama ini. Akbar Ali juga mengungkapkan hubungan emosional dan historisnya dengan JICA, mengingat pengalamannya bekerja selama tiga tahun di organisasi tersebut.

Kepala Bappelitbangda Sulsel, Dr. Setiawan Aswad, mengapresiasi kemajuan yang dicapai Parepare di bawah kepemimpinan Akbar Ali dan menekankan pentingnya kolaborasi dalam mengatasi kemiskinan ekstrem di Sulawesi Selatan. Setiawan menekankan bahwa konsep JICA dapat mengatasi persoalan sinkronisasi dalam penanggulangan kemiskinan.

Di Sulawesi Selatan, kerja sama ini akan menyentuh tiga lokasi utama yaitu Kabupaten Jeneponto, Takalar, dan Kota Parepare. Sasarannya adalah menciptakan pilot project penanggulangan kemiskinan melalui kunjungan ke usaha ekonomi kelompok masyarakat, seperti Kelompok Budidaya Perikanan Saroja di Parepare.

Kepala Bappeda Parepare, Zulkarnaen Nasrun, menekankan bahwa kelompok usaha di Parepare ini merupakan bagian dari upaya penanggulangan kemiskinan dan masuk dalam 8 program prioritas pembangunan oleh Pj Wali Kota. Upaya percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem dilakukan melalui lintas sektor secara kolaboratif, termasuk pemberian bantuan sosial, peningkatan pendapatan masyarakat, dan perbaikan kualitas kawasan permukiman kumuh.

Dengan kerjasama ini, diharapkan dapat tercipta sinergi yang lebih kuat dalam mengatasi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Sulawesi Selatan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *