Polres Parepare Gelar Simulasi Pengamanan Pilkada 2024

INSIDENNEWS.Com,PAREPARE–Mengantisipasi terjadinya kericuhan, saat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Polres Parepare lakukan Simulasi Pengamanan Kota (Sispamkota), di halaman Kantor KPU Parepare, Jalan Bumi Harapan, Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare, Selasa (30/7/2024).

Diketahui, dalam kegiatan simulasi pengamanan tersebut, diikuti sebanyak 350 personel gabungan. Dari Polres, Satbrimob, Kodim 1405, Satpol PP, Damkar, Dishub, PPS, PPK, hingga masyarakat Kota Parepare.

Kapolres Parepare, AKBP Arman Muis, mengatakan, kegiatan tersebut menjadi bentuk partisipasi dan kolaborasi dari semua pihak, dalam kesiap siagaan menghadapi Pilkada 2024.

Kemudian, peragaan keributan dan perkelahin itu, merupakan antisipasi dan pemahaman terhadap satu perspektif, jika dalam pelaksanaan Pilkada nantinya, terdapat hal yang berpotensi memicu kericuhan.

“Jadi, kita sudah tahu upaya atau langkah yang dilakukan, ketika ada keributan seperti ini dalam proses pilkada,”katanya.

Dia menjelaskan, dalam peragaan pengamanan tersebut, akan terus memperhatikan Standar Operasional Prosedur (SOP), yang sesuai dan berlaku.

Terlebih, kata Arman, KPU merupakan objek utama sebagai pelaku pelaksanaan Pilakda, yang menyediakan sejumlah fasilitas dalam proses pemilihan.

“Sehingga, KPU ini mesti diberikan pengawasan dan pengamanan secara menyeluruh, untuk menghindari kejadian seperti yang diperagakan hari ini,”pungkasnya.

Sementara, Pj Wali Kota Parepare, Akbar Ali, diwakili Asisten III Pemkot, Eko W Ariyadi mengatakan, simulasi tersebut menjadi bentuk antisipasi yang akan dilakukan semua pihak, dalam menjaga Pilkada tetap aman dan tertib terkendali sesuai aturan.

Kemudian, sambungnya, setiap upaya yang dilakukan termasuk simulasi pengamanan tersebut, adalah proses dalam mewujudkan pemilihan kepala daerah yang sukses.

“Namun, tentu kita harapkan keributan itu cukup terjadi saat peragaan dan antisipasi ini saja, dan semoga tidak terjadi saat pelaksanaan Pilkada nantinya,”pungkasnya.

Dia mengungkapkan, Pemkot Parepare, akan terus memberikan dukungan penuh kepada Polri dan TNI, dalam setiap langkah dan strategi pengamanannya untuk ketertiban Pilkada 2024.

*Jer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *