Pemkot Parepare Gelar Sosialisasi Pengelolaan PAD dan Keuangan Daerah untuk SKPD

INSIDENNEWS.com, PAREPARE– Penjabat (Pj) Walikota Parepare, Akbar Ali, yang didampingi Sekertaris Daerah Husni Syam, secara resmi membuka kegiatan sosialisasi yang bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan kapabilitas Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Parepare dalam pengelolaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan keuangan daerah yang transparan dan akuntabel. Kegiatan ini diadakan di Auditorium BJ. Habibie, Kota Parepare, Sabtu (7/9/2024).

Sosialisasi yang mengangkat tema “Upaya Pemerintah Kota Parepare Dalam Peningkatan Pendapatan Asli Daerah dan Pengelolaan dan Pertanggungjawaban DAK”, diadakan sebagai tindak lanjut dari Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2023 tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah. UU tersebut menekankan pentingnya pengelolaan keuangan daerah yang berpedoman pada prinsip transparansi dan akuntabilitas.

Pada kegiatan sosialisasi pengelolaan Pendapatan Asli Daerah (PAD), dan pengelolaan keuangan daerah kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), dihadiri masing-masing kepala SKPD dan pejabat pengelola keuangan.

Dalam sambutannya, Akbar Ali menekankan bahwa pengelolaan keuangan daerah yang baik merupakan salah satu pilar penting dalam pembangunan daerah kedepannya. Ia menjelaskan bahwa fungsi utama dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) adalah sebagai sumber untuk mendanai belanja daerah yang tertuang dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Dengan pengelolaan yang tepat dan akuntabel, kita tidak hanya mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah, tetapi Sumber PAD berasal dari potensi dan kekayaan daerah yang mampu terkelola dengan baik,”ujarnya.

Selain itu, Akbar Ali juga menjelaskan mengenai Dana Alokasi Khusus (DAK), yaitu anggaran dari pendapatan dan belanja negara yang dialokasikan kepada provinsi, kabupaten, dan kota.

“DAK difungsikan untuk mendanai kegiatan khusus yang menjadi urusan pemerintahan daerah, dan sesuai dengan prioritas nasional,” tambahnya.

Akbar Ali menekankan pentingnya pemahaman bersama mengenai pengelolaan keuangan daerah. “Inilah mengapa sosialisasi yang dilakukan hari ini sangat penting. Saya ingin kita semua di Pemkot kompak dalam segala hal, termasuk upaya meningkatkan PAD dan pengelolaan pertanggungjawaban DAK,” tegas Akbar.

Lebih lanjut, Akbar Ali berharap kegiatan sosialisasi ini dapat memberikan pemahaman yang komprehensif bagi pejabat pengelola keuangan SKPD Parepare tentang pentingnya peningkatan PAD dan tata kelola keuangan daerah yang baik.

“Kepada semua pejabat pengelola keuangan SKPD, tetap bekerja secara profesional dan menjaga integritas dalam menjalankan tugas dan fungsinya,” ujarnya.

Akbar juga menekankan agar setiap SKPD serius dan fokus pada tujuan dilaksanakannya sosialisasi ini. Pendampingan dan pembimbingan yang diberikan diharapkan dapat menambah wawasan dan menjadi pedoman dalam memperbaiki kinerja pengelolaan keuangan di masa depan.

“Karena potensi terjadinya permasalahan pengelolaan keuangan di masa yang akan datang masih cukup besar dan sukar dihindari,” jelasnya.

Namun demikian, Akbar Ali berharap agar setiap kesalahan yang pernah dilakukan dapat menjadi pelajaran dan motivasi untuk melakukan perbaikan serta penyempurnaan kinerja ke depan.

“Saya ingin kesalahan yang dilakukan dapat menjadi pelajaran dan motivasi untuk melakukan perbaikan juga penyempurnaan kinerja yang diamanahkan,” tandasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *