Pentingnya Penyuluhan Kesehatan, Pemkot Parepare Memotivasi Remaja Jadi Cerdas dan Inovatif

INSIDENNEWS.COM, PAREPARE– Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melalui Dinas Kesehatan, UPTD Puskesmas Lemoe, Pemerintah Kecamatan Bacukiki dan Kelurahan Lemoe memotivasi remaja, tentang pentingnya kesehatan.

Hal itu, dalam bentuk penyuluhan kesehatan remaja di Baruga Peduli, Kelurahan Lemoe, Kecamatan Bacukiki, Parepare, Jumat (6/11/2020).

Dalan hal ini, Camat Bacukiki Saharuddin yang membuka penyuluhan penekanan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan remaja tentang, kesehatan remaja serta pencegahan terhadap masalah remaja. Peserta 40 remaja yang terdiri dari 15 putra dan 25 putri yang berasal dari 4 RW se-Kelurahan Lemoe.

Pemateri masing-masing Kepala Bidang Pelayanan, Promosi dan SDK Dinas Kesehatan Parepare, Kasna SST MKeb tentang proses perubahan pada remaja, masalah kesehatan remaja dan gizi remaja. Kemudian Kepala UPTD Puskesmas Lemoe drg Sufriani MKes tentang Napza.

Kasna dalam materinya mengemukakan, remaja perlu dukungan motivasi sehingga dapat menjalani perkembangannya dengan baik.

“Karena masa remaja adalah masa rawan dan tapi cerdas, inovasi. Maka intelijen cerdas yang harus diasah untuk melahirkan inovasi,” kata Kasna.

Selain itu, Wakil Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Parepare ini juga menjelaskan tentang masalah kesehatan remaja yang sering terjadi. Dia mencontohkan infeksi misalnya gonorhea, keputihan, HIV / AIDS, seks bebas, kehamilan remaja, dan kehamilan tidak diinginkan.

Sedangkan masalah gizi remaja yakni obesitas atau kegemukan dan anemia. Obesitas dapat dikenali dengan mengukur IMT atau Index Massa Tubuh. Yang normal 18-25, “ungkap Kasna.

Dia mengingatkan, remaja dengan obesitas berpeluang terjadi PTM (penyakit tidak menular) usia usia. Seperti DM, hipertensi, stroke, dan lainnya.

Sedangkan anemia pada remaja, kata dia, gangguan dengan gejala 5 L (lemah, letih, lesu, lelah dan lalai). “Mengapa bisa terjadi lalai? Pada orang anemia Hemoglobin (hb) berada di bawah normal (<12 gr%). Sedangkan hb itu sendiri mengikat oksigen (O2). Sehingga otak kekurangan oksigen yang berdampak pada kemampuan untuk menciptakan tidak konsentrasi atau fokus pada pekerjaan , “terang Kasna.

Namun, kata Kasna, pencegahan bisa dilakukan melalui masalah kesehatan (Kespro) dengan cara rajin infus, mampu melakukan seksualitas sebelum menikah dan beraktivitas positif.

Sementara drg Sufriani dalam materinya mengungkap faktor penyebab Napza. Yakni ada tiga. Pertama, individu coba-coba, ingin diterima oleh kelompok, ikut tren, cari identitas diri, pelarian masalah, ikut idola, dan lainnya. Kedua lingkungan, keluarga tidak harmonis, pengaruh teman, lingkungan yang rawan, pendidikan rendah, dan lainnya. The into the way to the way, the way of the way of the behavior, yang didapat, dan lainnya.

“Melihat hal ini semua maka diperlukan penguatan mental guna menangkal bahaya pengaruh narkotika, psikotropika dan zat adiktif,” ingat Sufriani.

Dalam penyuluhan juga terungkap bahwa proyeksi remaja sekitar 20 persen dari jumlah penduduk. Menurut Kasna, jumlah ini cukup besar. Dia menekankan, jika para remaja mendapat bimbingan, difasilitasi dengan baik, mereka adalah harapan bangsa. Namun jika terjadi sebaliknya maka mereka dapat menjadi malapetaka buat bangsa.  

Dengan demikian sangat diperlukan perhatian dari semua elemen untuk terlibat dalam membangun kesehatan remaja mulai dari lingkungan keluarga, sekolah, pemerintah. Harapan dari kegiatan ini dapat tercipta suatu inovasi dari remaja kita, “pesan Kasna. (* / 7ar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *