Kapal Penumpang Milik Pelni, KM Bukit Siguntang Terbakar Di Pelabuhan Nusantara Parepare

INSIDENNEWS.com, PAREPARE– Kapal penumpang milik PT Pelni, KM Bukit Siguntang terbakar saat hendak bersandar di pelabuhan Nusantara, kota Parepare, Sulawesi Selatan, Jumat (16/6/23) malam.

Berdasarkan informasi, asap tebal terlihat yang diduga berasal dari dapur kapal. Para penumpang pun panik mencari jalan untuk menyelamatkan diri dari kepulan asap tebal tersebut.

“Saya melihat asap tebal dari dek 5 hingga membuat kami panik dan itu tepatnya sesaat sebelum kapal sandar di dermaga (pelabuhan Nusantara). Saya tidak bisa turun bersama keluarga karena padat akibat penumpang berebutan untuk segera turun,” ujar Haerul, salah seorang penumpang kapal asal Tarakan, yang ditemui di pelabuhan Nusantara.

Petugas pemadam kebakaran (Damkar) dan penyelamatan dari Pemerintah Kota Parepare yang mendapat informasi, adanya kebakaran pada salah satu kapal penumpang yang akan bersandar di Pelabuhan Nusantara segera menuju ke lokasi.

Seluruh personil dan armada dari Dinas Pemadam kebakaran dikerahkan. Proses pemadaman pun cukup alot, sebab personil Damkar kesulitan menjangkau titik api dikarenakan kepulan asap yang cukup tebal dan bau asap yang ditimbulkan yang berasal dari dalam kapal.

Beberapa personil Damkar bahkan tumbang akibat kepulan asap yang berasal dari dalam kapal. Mereka keluar dan langsung diberi pertolongan oksigen oleh Call Center Kesehatan 112 di dermaga Pelabuhan Nusantara.

Kabag OPS Polres Parepare, Kompol Burhanuddin mengatakan, sejumlah jendela kapal terpaksa harus dipecahkan oleh Tim Damkar, untuk mempermudah asap tebal keluar dari kapal tersebut.

Menurutnya, api tidak terlihat dari luar. Namun kepulan asap yang tebal sangat terlihat jelas keluar dari dalam kapal.

“Kami belum tahu apakah di dek 5 atau dek 4. Namun, pada dasarnya kami belum tahu dari mana, dan belum dapat memastikan sumber api dari mana dan apa penyebabnya, ”ucap Kabag OPS Polres Parepare, Kompol Burhanuddin.

Hingga Pukul 23.43 WITA proses pendinginan sementara berlangsung. Api dipastikan padam sekira pukul 23.55 WITA.(*/7ar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *