Ruko Di Parepare Nyaris Ludes Terbakar! Kompor Dan Bahan Kimia Diduga Jadi Penyebab

INSIDENNEWS.com, PAREPARE-– Salah satu ruko di Jalan Andi Sinta, Kelurahan Ujung Baru, Kecamatan Soreang Kota Parepare Sulawesi Selatan, nyaris ludes terbakar api, Selasa (18/7/23).

Diduga api berasal dari kompor gas dan pemicu lainnya yang berdekatan dengan drum tempat penampungan bahan kimia jenis thinner. Thinner sangat sering digunakan untuk pelarut cat, cairan penghilang cat.

Faktanya, di dalam thinner mengandung toluena yang merupakan senyawa turunan benzena. Toluena dalam thinner ini sangat berbahaya dan mudah terbakar, mudah meledak (explosive), beracun bila tertelan melalui saluran pencernaan, terhisap dalam proses pernapasan ataupun terserap melalui kulit.

Kapolsek Soreang, Polres Parepare, AKP Muhammad Amin mengatakan, api berasal dari lantai dasar. Yang mana penyebabnya diduga berasal dari kompor gas dan pemicu lainnya yang berdekatan dengan drum tempat penampungan bahan kimia jenis thinner.

” Berdasarkan informasi dari rekan-rekan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Dan Penyelamatan Kota Parepare. Diduga api berasal dari kompor gas, dan beberapa pemicu lainnya, yang berada disekitar kompor tersebut, diantaranya ditemukan adanya bahan kimia jenis thinner, “ucapnya.

AKP Muhammad Amin menambahkan, tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, hanya terdapat beberapa material yang terbakar.

” Alhamdulillah, informasi diawal yang kami dapatkan, tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, namun hanya beberapa material yang terbakar dan sementara Tim Inafis Polres Parepare masih bekerja melakukan pengembangan penyebab terjadinya kebakaran tersebut, “ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Parepare, Waris Muhiddin melalui Kepala Seksi Dinas Pemadam Kebakaran Parepare, Safruddin mengatakan, api berhasil dijinakkan, hingga pendinginan setelah petugas pemadam kebakaran berjibaku dengan api kurang lebih sekitar 30 Menit lamanya.

” Setelah mendapat informasi adanya kebakaran rumah, petugas langsung menuju lokasi. Seluruh personil diterjunkan dan 6 unit armada yang dikerahkan ke lokasi untuk melakukan pemadaman, “jelasnya.

Selain itu, Saifuddin menghimbau masyarakat untuk selalu waspada terhadap bahaya terjadinya kebakaran. Ia menyampaikan, untuk segera melaporkan ke 0421-21754 Damkar Parepare atau ke Call Center 112, apabila terjadi kebakaran di wilayah anda.(*/7ar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *