Taufan Pawe Imbau SKPD Kerja Ekstra Kejar Target Pembangunan Daerah

INSIDENNEWS.com, Parepare– Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, mengimbau kepada seluruh SKPD lingkup pemerintahannya agar mengejar target-target pembangunan daerah.

Hal itu, kata dia, merupakan tindak lanjut dari hasil monitoring dan evaluasi dari triwulan I tahun 2023.

“Pada saat ini kita sudah berada pada Minggu pertama Bulan Mei 2023, yang berarti pelaksanaan kegiatan pembangunan telah memasuki pertengahan triwulan II sehingga seluruh SKPD harus bekerja ekstra untuk mengejar target-target pembangunan daerah,” imbuhnya.

Permasalahan dan hambatan yang dihadapi dalam Triwulan I, kata Taufan Pawe, harus dapat diidentikasi dengan baik, sehingga dapat dirumuskan strategi penyelesaiannya yang tepat sesuai kondisi yang dihadapi.

“Seluruh Kepala SKPD harus mampu memanfaatkan secara maksimal waktu yang ada untuk memacu kinerja SKPD masing-masing, sehingga realisasi fisik dan keuangan triwulan kedua dapat meningkat secara signifikan,” jelasnya.

Bagi SKPD yang mengelola Dana Alokasi Khusus, baik DAK Fisik maupun DAK Non Fisik yang kinerjanya masih rendah bahkan realisasi keuangannya masih nihil, agar segera mengambil langkah-langkah strategis untuk percepatan penyelesaian pelaksanaan kegiatan, karena keterlambatan pelaksanaan akan berdampak terhadap serapan anggaran pada tahapan selanjutnya serta mempengaruhi progress capaian fisik dan keuangan secara umum.

“Sedangkan bagi SKPD yang mengelola dana APBD Kota Parepare dalam hal ini DAU, perlu saya ingatkan agar senantiasa meningkatkan kinerja agar realisasi fisik dan realisasi keungan dapat kita tingkatkan secara signifikan. Meski demikian, aspek kehati-hatian dalam melaksanakan program/kegiatan APBD tetap sangat dibutuhkan,” tandasnya.

Kesempatan itu, Taufan Pawe juga menjelaskan, jika pelaksanaan pembangunan tahun 2023 merupakan tahun kelima atau tahun terakhir dari pengimplementasian visi dan misi RPJMD Kota Parepare Tahun 2018-2023.

“Hal ini berarti bahwa pelaksanaan RPJMD 2018-2023 akan berakhir di tahun 2023 ini. Sehubungan dengan hal tersebut maka kepada seluruh Kepala SKPD agar memperhatikan dan melakukan evaluasi pencapaian target kinerja dari sasaran pembangunan yang ada pada dokumen RPJMD sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing SKPD,” pesannya.

“Jika masih ada capaian kinerja pembangunan yang masih jauh dari target kinerja supaya segera mengambil langkah-langkah strategis untuk mempercepat pencapaian target kinerja dari sasaran pembangunan tersebut,” tambahnya.

Dia berharap seluruh perangkat daerah dapat memperlihatkan semangat kerja yang tinggi sehingga dapat berkontribusi secara nyata dalam mewujudkan Kota Parepare sebagai Kota Industri Tanpa Cerobong Asap Yang Berwawasan Hak Dasar dan Pelayanan Dasar Menuju Kota Maju, Mandiri, dan Berkarakter.(rht)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *