Taufan Pawe Nilai Program Perekrutan Surveyor Kadaster Tekan Pengangguran

INSIDENNEWS.com, Parepare– Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, membuka pelatihan berbasis kompetensi kejuruan surveyor kadaster yang dilaksanakan oleh Kantor Pertanahan, digelar di Ruang Pola Kantor Setdako Parepare, Senin (8/5/2023).

Taufan Pawe menyampaikan, perekrutan surveyor kadaster memberikan dampak positif dengan menghadirkan lapangan kerja bagi masyarakat, sehingga dinilai dapat menekan pengangguran.

“Data BPS menunjukkan, angka pengangguran di Parepare tahun 2022 telah mencapai angka 5,6%, dan tahun sebelumnya sebesar 6,72%. Terjadi penurunan signifikan, ini adalah bukti bahwa intervensi pemerintah dan keterlibatan stakeholder lainnya dalam menyediakan berbagai lapangan pekerjaan. Salah satunya adalah upaya dari Kantor Pertanahan yang mengadakan perekrutan Surveyor Kadaster ini,” jelasnya.

Seiring dengan upaya perluasan kesempatan kerja di sektor formal, lanjut Taufan Pawe, pemerintah akan tetap konsisten dengan perluasan kesempatan kerja di sektor informal.

Sehingga, kata dia, sebagai masyarakat yang pintar harus memiliki keahlian tidak hanya satu saja. Hal ini dikarenakan dengan kriteria yang cukup beragam dalam seleksi di berbagai instansi.

“Dengan konsistensi perluasan kesempatan kerja diperlukan penyiapan SDM yang siap kerja, baik melalui pendidikan maupun berbagai pelatihan keterampilan kerja. Ilmu ini perlu diberikan karena pengetahuan itu penting dalam kehidupan. Semakin banyak ilmu yang didapat semakin banyak pula pengalaman kita,” ungkapnya.

Walikota berlatar belakang doktor hukum ini berharap, semoga dengan dilaksanakannya kegiatan ini bisa meningkatkan kapasitas SDM peserta, sehingga dapat menunjang kompetensinya sebagai tenaga surveyor kadaster yang handal.

“Saya juga berharap seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan dengan baik sampai berakhirnya pelatihan ini. Semoga kegiatan ini menjadi agenda rutin dan semakin baik pelaksanaannya sehingga menjadi daya dorong bahkan sumber inspirasi bagi lembaga lain,” harapnya.(*rht)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *