Jelang Lebaran, Wali Kota Parepare Pantau Harga dan Ketersediaan Bahan Pokok di Pasar

INSIDENNEWS.com, Parepare — Jelang hari raya idul fitri 1444 hijriah/2023 masehi, Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, didampingi sejumlah Kepala SKPD terkait melakukan pemantauan harga dan ketersediaan bahan pokok di Pasar Sumpang Minangae, Rabu (19/4/2023).

Walikota berlatar belakang doktor hukum ini mengatakan, pemantauan bahan pokok di pasar sebagai upaya antisipasi ketersediaan dan kenaikan harga sembako yang memungkinkan dapat mempengaruhi inflasi daerah.

“Harus kita pahami, indikator persoalan inflasi itu ada di pasar, sehingga perlu kita intens melakukan kontrol dan pemantauan. Alhamdulillah, saya sudah melihat bahwa ketersediaan kebutuhan bahan pokok tidak ada masalah,” ungkap Taufan Pawe.

Menurut Taufan Pawe, memang ada fluktuasi harga, tapi itu tidak terlalu berarti, misalnya harga telur naik sekita Rp2.000/rak, demikian pula daging sapi ada kenaikan sekitar Rp5.000/kg.

“Namun saya melihat fenomena ini jika dibandingkan tahun-tahun kemarin itu cukup terkendali, dan Insya Allah inflasinya juga rendah dan terkendali,” ujarnya.

Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel ini menjelaskan, pemantauan juga dilakukan untuk melihat langsung kondisi di lapangan, jika ada hal-hal yang diluar ekspektasi, maka pemerintah bisa cepat mengambil langkah tepat dan intervensi.

“Salah satunya dengan melakukan pasar murah atau operasi pasar, namun sampai sekarang masih terkendali. Catatan saya, hal itu tidak lepas dari perilaku distributor yang bersinergi dengan pemerintah untuk menyiapkan dan mendukung kebutuhan pokok masyarakat,” jelas dia.(wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *