Walikota Parepare Pesan Kesiapsiagaan Bencana Secara Terintegrasi dan Komprehensif

INSIDENNEWS.com, PAREPARE– Dalam upaya penanggulangan banjir, Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melakukan langkah-langkah tanggap bencana sehingga dapat sesegera mungkin melakukan tindakan cepat.

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, melalui Asisten 3, Eko W. Aryadi mengatakan, jika bencana terjadi pemerintah dapat membentuk posko siaga bencana terpadu yang terdiri dari beberapa unit kerja terkait.

“Posko siaga bencana yang dibentuk ini sebagai upaya untuk tanggap terhadap bencana banjir yang melanda di sejumlah titik. Peran serta masyarakat juga dibutuhkan dalam penanggulangan bencana,” ujarnya.

Karena itu, kata dia, diharapkan seluruh stakeholder sudah harus tanggap terhadap ancaman bencana, bukan hanya saat terjadi tanggap darurat bencana tetapi juga pada pra bencana dan pasca bencana.

“Penanggulangan bencana tidak lagi dititikberatkan hanya pada penanganan kedaruratan, namun lebih kepada upaya pengurangan risiko bencana sehingga menuntut adanya kesiagaan semua pihak,” kata dia.

Menurutnya, kesiapsiagaan bencana harus dilakukan secara komprehensif dan sistematis, yang pada tahap implementasinya terkadang masih terkendala oleh respon penanggulangan bencana. Sehingga perlu kesiapan peralatan dan personel.

“Hal ini perlu mendapat perhatian serius, karena besarnya potensi ancaman berbagai bencana di daerah perlu disikapi secara terintegrasi dan komprehensif,” pesannya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *