Entaskan Kemiskinan di Parepare, Pemerintah Salurkan Beras Sejahtera

INSIDENNEWS.com, Parepare– Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melepas tim penyaluran beras sejahtera (rastra) atau beras peduli untuk diserahkan kepada masyarakat. Kegiatan itu digelar di depan Rujab Walikota, Jumat (4/8/2023).

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe menyampaikan, penyerahan bantuan beras peduli merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan demikian dapat mengurangi beban pengeluaran para Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat (RTS-PM) dalam memenuhi kebutuhan pangannya,” jelas dia.

Walikota berlatar belakang doktor hukum ini mengatakan, salah satu upaya pemerintah dalam percepatan pengentasan kemiskinan adalah pemberian bantuan dengan berdasar pada data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS).

“Pemberian bantuan beras kepada keluarga kurang mampu dan eks penyandang Kusta ini merupakan salah satu program dalam penanggulangan kemiskinan, sehingga diperlukan data yang akurat mengenai jumlah keluarga berdasarkan indikator penentu kemiskinan yang telah ditetapkan,” ungkapnya.

Menurut dia, berbagai upaya penanggulangan kemiskinan tidak dapat berjalan dengan baik tanpa dukungan dari semua pihak dan yang terpenting adalah diperlukan kesamaan persepsi dan tindakan dalam penanggulangannya. Olehnya itu, diharapkan Ketua RT, RW dan LPMK membantu setiap program penanggulangan kemiskinan karena lebih banyak mengetahui kondisi warganya.

“Beras yang disalurkan adalah beras berkualitas medium sejumlah 5 Kg setiap bulannya untuk keluarga kurang mampu dan 15 Kg setiap bulan untuk eks penyandang kusta. Pada tahap ketiga ini beras prasejahtera daerah untuk 1.820 KPM masyarakat kurang mampu dan 32 KPM eks penyandang kusta. Setiap KPM penerima beras prasejahtera mendapatkan beras kualitas premium, dan beras diterima oleh KPM di rumah masing-masing,” tandasnya.

Taufan mengatakan, kemiskinan adalah musuh bersama, untuk itu pemerintah selalu berupaya melakukan terobosan melalui inovasi program pengentasan kemiskinan. Dengan demikian program ini bertujuan untuk membantu masyarakat Pra Sejahtera mendapat cukup pangan dan nutrisi karbohidrat tanpa kendala.(*rht)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *