• Sel. Apr 23rd, 2024

1 Unit Rumah Diparepare Hangus Terbakar, Syafruddin Sjam Keluhkan APD Personel Saat Pemadaman

By

Des 29, 2020

INSIDENNEWS.com, PAREPARE– Diduga akibat korsleting listrik, satu unit rumah di Jalan Takkalao, Kelurahan Bukit Indah, Kecamatan Soreang Kota Parepare, Sulawesi Selatan hangus terbakar.

Diduga penyebab korsleting listrik dari salah satu televisi yang berada dirumah tersebut.

Insiden terjadi, saat hujan lebat menguyur wilayah kota parepare, sekitar Pukul 08.45 Wita Pagi, saat rumah ini dalam keadaan kosong.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Damkar Kota Parepare, Rasdi Adam, ikut turun kelokasi untuk mengukur langsung kinerja Personel Pemadam Kebakaran, saat memadamkan api.

Dengan kekuatan penuh, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Parepare, mengerahkan 8 unit armada dan 25 Personel.

Hal itu diungkapkan, Kepala Bidang Penanggulangan Kebakaran, Penyelamatan dan Pemeliharaan Peralatan Damkar Kota Parepare, Syafruddin Sjam, Selasa (29/12/2020).

“Dengan kekuatan penuh, Damkar Kota Parepare, menurunkan 3 unit armada figter (penembak), 4 unit armada suplay, dan 1 unit mobil dalmas untuk Personel,” ucapnya.

Selain itu, Syafruddin Sjam keluhkan Alat Pelindung Diri (APD) pemadam kebakaran dan alat komunikasi (Handytalkie). Jikapun ada, beberapa APD dan alat komunikasi yang minim batasan.

“Kondisi ini, membuat kinerja personel Damkar Kota Parepare, berdasarkan Standar Pelayanan Minim (SPM) untuk memadamkan api masih terbilang minim,” ujarnya.

SPM yang diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 114 Tahun 2018, tentang Standar Teknis Pelayan Dasar pada Standar Pelayanan Minimal Sub Urusan Kebakaran Daerah Kabupaten / Kota.

 

Syafruddin Sjam menjelaskan, APD untuk personel Damkar Kota Parepare, perlu dipersiapkan, “ucapnya sembari mengibaratkan dimedan perang. Pasti perlu senjata dan baju anti peluru saat Personel terhubung.

Semoga kedepannya, keselamatan untuk personel damkar kota parepare, khususnya APD untuk digunakan pada kejadian kebakaran dan penyelamatan bisa diadakan, “tutupnya.

Kepala Seksi (Kasi) Sarana Teknis Pemadam Kebakaran Kota Parepare, Sukardi menjelaskan, tahun ini sudah diadakan pelaksanaan kegiatan pengadaan.

“Untuk Tahun 2020, sudah diadakan helem standar pemadam kebakaran, kaos tangan anti api, dan stik snack yang akan digunakan oleh personel damkar kota parepare dalam melaksanakan tugas dan penyelamatan,” ucapnya.

Selain itu Sukardi menambahkan, kehadiran Hydrant diberbagai pelosok yang berada dikota parepare, cukup membantu dalam mensuplay kebutuhan air, dan sangat diharapkan ada penambahan hydrant dalam wilayah perkotaan, “tutupnya. (* / 7ar)

By

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *