Melalui BPBD dan Disdamkar, Pemerintah Kota Parepare Peringati HKBN

INSIDENNEWS.com, PAREPARE– Pemerintah Kota Parepare, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) dan Penyelamatan Kota Parepare, Sulawesi Selatan Memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN), Selasa (26/4/2022).

Dalam rangka memperingati hari HKBN, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan gelar simulasi bencana alam, seolah-olah terjadi gempa bumi dan Kebakaran.

Simulasi digelar bertujuan untuk menguji tingkat pengetahuan, pemahaman hingga respons Tim Penyelamatan BPBD dan Damkar Kota Parepare, serta instansi terkait dalam mengahadapi bencana alam.

Plt Kepala BPBD Parepare, Nasrullah menjelaskan, peringatan kesiapsiagaan bencana melibatkan unsur stakeholder kebencanaan yaitu TNI, Polri, Basarnas, Satpol PP, Damkar, Dinas Peruhubungan, Call Center 112, dan masyarakat yang menjadi subjek serta objek daripada bencana itu sendiri.

“Setelah upacara tadi, dilaksanakan reka ulang terjadinya bencana gempa bumi dan kebakaran. Terlihat apa yang seharusnya dilakukan petugas, apa yang perlu disiapkan, begitupun dengan masyarakat jika terjadi bencana,” jelasnya.

Sementara itu, Dandim 1405/Parepare, Letkol Kav Agung Wirakusuma Eka Putra, mengapresiasi kegiatan itu, dia berharap, BPBD secara bersama dapat melaksanakan sosialisasi terkait bencana agar masyarakat dapat faham dalam kegiatan bencana.

“Serta resiko yang dapat menumbuhkan kewaspadaan di sekitar lingkungan terjadinya bencana,” pungkasnya.

Sementara, Kepala Seksi Penyelamatan dan Evakuasi Korban Damkar Parepare, Wahidin Syanur menambahkan, juga mengapresiasi kegiatan tersebut, Disdamkar Parepare juga merupakan elemen kebencanaan, didalam Disdamkar sudah ada unsur penyelamatannya.

” Kami sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini, karena mengingatkan kita semua elemen, baik pemerintah maupun masyarakat, senantiasa untuk tetap waspada menghadapi situasi yang kemungkinan kapan saja bisa terjadi, “ujarnya.(*/7ar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *