• Jum. Mar 1st, 2024

Selang Kompor Gas Bocor, Satu Rumah di Lappadde Parepare Nyaris Terbakar

By

Jun 13, 2021

INSIDENNEWS.com, PAREPARE–Satu Unit Rumah di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kelurahan Lappadde, Kecamatan Ujung Kota Parepare Sulawesi Selatan nyaris saja dilahap Api, Minggu (13/6/2021).

Santi (pemilik rumah) mengatakan, terpaksa harus menjebol dinding dapur rumahnya, karena selang kompor gas yang digunakan untuk memasak ayam bocor dan mengeluarkan api.

” Dirumah kan, mau ada hajatan. Dan kompor yang dipakai memasak ayam, itu selangnya bocor dan ada apinya. Beruntung kami ibu-ibu yang berada didapur, tidak terlalu panik. Kami menjebol dinding dapur dan mengambil kain yang basah, kemudian menutup tabung gas yang selangnya terbakar.”ucapnya.

Lanjut Santi, kami juga tetap menghubungi Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kota Parepare, guna mengantisipasi terjadinya kebakaran bila api tidak padam.

” Keluarga sempat keluar rumah dan menghubungi Pemadam, untuk mencegah apabila api tidak padam pak,”ujarnya.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kota Parepare, Rasdi Adam mengatakan, personil menerima laporan dengan adanya kebakaran rumah, dan segera menuju ke lokasi.

” Tujuh armada dan 24 personil menuju lokasi. Namun sesampai dilokasi api sudah diantisipasi oleh warga dengan menggunakan kain yang basah.”jelasnya.

Menurutnya, apa yang dilakukan oleh warga, merupakan cara yang tepat dalam memadamkan api pada tabung gas.

” Dengan cara warga yang melakukan pemadaman pada tabung gas yang selangnya mengalami kebocoran, itu sudah sangat tepat. Dengan tindakan yang dilakukan oleh warga tersebut, sudah sangat jelas warga ini memperhatikan sosialisasi yang dilakukan oleh Damkar Parepare, cara memadamkan api pada tabung gas,”lanjutnya.

Selain itu, Rasdi Adam kembali menghimbau masyarakat, agar tidak panik bila terjadi kebakaran pada tabung gas.

” Kami kembali menghimbau masyarakat, apabila terjadi kebakaran tabung gas. Cukup mengambil handuk atau selimut dan dibasahi, kemudian tutup tabung gas itu dengan selimut dan putarlah pembuka regulator tabung gas tersebut.”imbaunya.

Tetap waspada. Dan jangan membuka lahan dengan cara membakar, yang dapat menyebabkan terjadinya kebakaran.”tutupnya.

Tim Posko terpadu Call Center 112 Kota Parepare, yang tergabung dari Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), serta Call Center Kesehatan, tiba di lokasi terlapornya terjadi kebakaran rumah.(*/7ar)

By

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *