• Ming. Mar 3rd, 2024

Wooow..!!! Berkat KUR BRI, Petani Tambak Pinrang Besok Gelar Panen Raya Udang Windu

By

Mar 28, 2022

INSIDENNEWS.com, PINRANG– Demi meningkatkan taraf hidup masyarakat, BRI Kabupaten Pinrang, melakukan pendampingan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, dengan memberikan bantuan modal Kredit Usaha Rakyat (KUR), menjadi andalan dalam membantu modal usaha masyarakat desa.

Di Kabupaten Pinrag, Sulawesi Selatan misalnya, sejumlah masyarakat pengusaha udang windu usaha tambak masyarakat, perluasan KUR berbasis klaster komuditas udang windu jadi percontohan.

“ Besok , Selasa 29 Maret 2022, kita menggelar panen raya. Berkat KUR BRI kita bisa berhasil mengembangkan budi daya udang Windu. “ Jelas Dahiruddin, salah satu pengusaha tani tambak yang juga kreditur KUR BRI di Desa Waetuoe, Kecamatan Lanrisang, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, Senin (28/03/2022).

Kata Dahiruddin, ia dan petani tambak udan lainya di desanya juga menjadi kreditur KUR BRI Kabupaten Pinrang, untuk meningkatkan modal usaha dalam usaha tani tambak.

“ Alhamdulillah, sejak adanya KUR BRI kita lebih mudah dalam meningkatkan usaha, di tengah pandemic Covid-19. “ Ungkap Dahiruddin.

Selain itu, usaha masyarakat desa setempat di bidang pengolahan ikan bandeng, UKM 88 Marijo, Desa Waetuoe, Kecamatan Lanrisang, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, juga suksek karena bantuan KUR BRI. Mereka meluaskan usahanya dengan pengemasan ikan bandeng, tanpa duri, ampla ikan bandeng dan bon ikan. Usaka kemasan ikan bandeng UKM 88 Marijo pun digemari masyarakat.

“ Manfaat pembinaan yang dirasakan Lebih mengerti tata cara berproduksi yang baik (GMP) agar produksi aman dan berkualitas. Kini UKM 88 Marijo telah berhasil mendapatkan sertifikasi SNI untuk produk Amplang Ikannya. “ Aku Mariyani pemilik usaha UKM 88 Paijo, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan.

Melihat potensi ekspor yang semakin terbuka dengan diterapkannya SNI produk, 88 Marijo berharap dapat memasarkan produknya tidak hanya secara nasional tapi juga secara global, seiring dengan bertambahnya jenis produk olahan ikan yang dihasilkan.

Acara itu nantinya dihadiri perwakilan BRI Regional Office Makassar, Susanto, Regional Micro Banking Head.(sd/7ar)

By

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *