Penjabat Wali Kota Parepare Serahkan Ranperda Pertanggungjawaban APBD Tahun 2023

INSIDENNEWS.com, PAREPARE– Penjabat (Pj) Wali Kota Parepare, Akbar Ali, menyerahkan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tahun 2023 dalam rapat paripurna di Gedung DPRD Kota Parepare pada Senin, 24 Juni 2024.

Rapat paripurna tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Parepare, Kaharuddin Kadir, yang didampingi oleh Wakil Ketua II DPRD Kota Parepare, Rahmat Sjamsu Alam.

Akbar Ali menyatakan bahwa penyerahan Ranperda ini merupakan implementasi amanat Peraturan Pemerintah nomor 12 tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah. Menurutnya, pasal-pasal terkait dalam Peraturan Pemerintah tersebut mengatur mengenai proses pelaporan keuangan pemerintah daerah dan pertanggungjawaban atas pelaksanaan APBD.

“Dalam pelaksanaannya, seluruh kegiatan yang direncanakan untuk tahun anggaran 2023 telah dilaksanakan hingga 31 Desember 2023. Kami berterima kasih kepada pimpinan dan anggota DPRD atas dukungan dan kerja sama yang baik dalam pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan selama tahun berjalan,” ungkap Akbar Ali.

Dia menambahkan bahwa Ranperda tersebut mencakup laporan keuangan belanja daerah yang terdiri dari belanja operasi, belanja modal, belanja tak terduga, dan belanja transfer. Ringkasan laporan keuangan menunjukkan saldo aset, kewajiban, dan ekuitas pemerintah daerah pada akhir tahun 2023.

Jumlah realisasi pendapatan daerah tahun 2023 mencapai 91,18% dari target, dengan pendapatan asli daerah (PAD) dan pendapatan transfer masing-masing mencatat realisasi yang signifikan. Sementara itu, realisasi belanja daerah mencapai 90,49% dari total anggaran, yang meliputi belanja operasi, belanja modal, dan belanja tak terduga.

Akbar Ali juga menyampaikan bahwa realisasi penerimaan dan pengeluaran pembiayaan daerah serta sisa lebih pembiayaan anggaran (SiLPA) juga telah dijelaskan dalam Ranperda tersebut.

“Gambaran singkat ini menunjukkan keterbukaan dan pertanggungjawaban pemerintah daerah kepada masyarakat, sesuai dengan prinsip transparansi dan akuntabilitas yang ditegakkan dalam perundang-undangan,” tegasnya.

Dengan penyerahan Ranperda ini, diharapkan DPRD Kota Parepare dapat melakukan pembahasan lebih lanjut untuk menyepakati dan menetapkan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun 2023 sebagai bagian dari tugas konstitusional mereka dalam mengawasi pengelolaan keuangan daerah.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *