Ngabuburit..!!! Ayo Nikmati Keindahan Alam dan Spot Foto di Kebun Raya Jompi’e Parepare

INSIDENNEWS.com, PAREPARE–Ngabuburit adalah salah satu tradisi yang identik dengan bulan Suci Ramadhan. Ngabuburit, merupakan tradisi menunggu waktu berbuka puasa.

Ngabuburit biasanya diisi dengan kegiatan berburu takjil, melakukan kegiatan sosial, atau sekadar berkumpul bersama keluarga dan sahabat, baik itu ditaman, dipinggir pantai atau mencari kuliner untuk berbuka puasa.

Ditengah Kota Parepare, Sulawesi Selatan. Ada tempat yang asyik untuk ngabuburit sambil menikmati keindahan alam yang tumbuh secara alami.

Selain dari keindahan alamnya, bangunan yang ada ditempat ini juga asyik dijadikan spot untuk berfoto bersama keluarga dan sahabat saat menantikan buka puasa.

Tempat ini merupakan, tempat wisata, Hutan yang tumbuh secara alami ditengah Kota Parepare. Yang diberi nama, Kebun Raya Jompi’e.

Di Indonesia sendiri, hanya memiliki 2 (Dua) Kebun Raya, yaitu Kebun Raya Bogor dan Kebun Raya Jompi’e, yang berada di Kota Parepare Sulawesi Selatan.

Kepala UPTD Kebun Raya Jompi’e, Sry Meiriany mengatakan, Kebun Raya Jompi’e ini bermanfaat bagi masyarakat untuk memberikan nilai edukasi kepada Sahabat dan Keluarga.

” Sangat bermanfaat, dengan memberikan nilai edukasi kepada Anak-anak dan Keluarga, untuk melakukan rekreasi sekaligus mendapatkan ilmu di Kebun Raya Jompi’e,” ujarnya.

Selain itu Sry Meiriany menjelaskan, Ia beserta staf rutin melakukan pemeliharaan, penataan dan menjaga kelestarian tanaman yang berada di Kebun Raya Jompi’e.

Sry Meiriany mengungkapkan, selain berdasarkan Perda, ketentuan retribusi bagi Kebun Raya berlaku secara Nasional.

“Jadi berdasarkan ketentuan pasal (23) Peraturan Daerah nomor 5 tahun 2016 tentang perubahan atas Perda nomor 3 tahun 2012 tentang Retribusi Jasa Usaha, untuk hutan dalam hal ini Kebun Raya Jompie, retribusi masuk untuk dewasa Rp.3,000 (Tiga Ribu Rupiah) dan anak-anak Rp.2,000 (Dua Ribu Rupiah), “ujarnya.

Sambil menanti saatnya berbuka puasa, biasanya dimanfaatkan untuk ngabuburit, misalnya dengan berjalan-jalan keliling, sambil berfoto bersama keluarga atau sahabat, di Kebun Raya Jompi’e dengan menikmati suasana sore hari.(*/7ar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *