Hadiri Pencanangan Gemapatas, Pangerang Rahim Pesan Hal Ini

INSIDENNEWS.com, Parepare– Badan Pertanahan Nasional (BPN) Parepare melaksanakan pencanangan gerakan masyarakat pemasangan batas tanah (Gemapatas) 2023, yang digelar di Jalan Tassiso, Kelurahan Galung Maloang, Jumat (3/2/2023).

Kegiatan itu dihadiri Wakil Wali Kota Parepare, Pangerang Rahim, Ketua DPRD Parepare Kaharuddin Kadir, Sekretaris Dinas Perkimtan Andi Wisma, Kasi Intel Kejari Sugiarto, dan beberapa tamu lainnya.

Kesempatan itu, Pangerang Rahim mengatakan, pemasangan tanda batas tanah akan menjadi data sah bagi pemiliknya.

Dia juga berharap BPN dapat memberikan edukasi kepada masyarakat dalam hal pendataan kepemilikan tanah lewat pemasangan tanda batas tanah.

“Sehingga kedepannya mudah mengetahui akan kepemilikan dan batas-batas tanah masyarakat, serta meminimalisir terjadinya tumpang tindih sertifikat yang berujung persoalan hukum,” ungkapnya.

Menurut dia, sengketa atau konflik pertanahan yang terjadi di masyarakat muncul dalam beragam bentuk. Pihak yang terlibat dalam proses penyelesaiannya pun tidak sedikit.

“Karena itu, saya imbau kepada masyarakat agar tidak sembarangan memberikan sertifikat tanah miliknya kepada orang lain, adapun jika ingin melakukan jual beli tanah lebih baiknya menggunakan notaris atau PPAT yang benar, hal ini juga agar tidak terperangkap mafia tanah,” ujarnya.(rht)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *