Gelar Sosialisasi Dan Pendidikan Pemilih, KPU Parepare Beri Pendidikan Politik Kepada Nelayan

INSIDENNEWS.com, PAREPARE– KPU Kota Parepare melaksanakan Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih, Kirab Pemilih 2024. Kegiatan ini dilaksanakan di Jalan Tanggul Utara, Kelurahan Watang Soreang, Kecamatan Soreang Kota Parepare, Sulawesi Selatan, Minggu (2/7/23).

Dalam paparannya, Divisi Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat (Parmas) dan SDM KPU Kota Parepare, Firman Mustafa mengajak masyarakat yang hadir untuk berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan Pemilu 2024, yakni dengan menjadi pemilih cerdas. Selain untuk menunjang suksesnya pemilu, kegiatan ini sekaligus sebagai bentuk pendidikan politik kepada komunitas nelayan.

” Jadi diskusi dengan nelayan ini, masih menjadi bagian dari rangkaian tira pemilu yang sudah berlangsung sejak tanggal 28. Hari ini kita melakukan diskusi dengan nelayan, dalam hal memberikan pendidikan politik, “ujarnya.

Pemberian pendidikan politik kepada nelayan, lanjut Firman Mustafa, tujuannya agar nelayan memiliki pengetahuan tentang pemilu Tahun 2024.

Salah satu warga yang hadir pada kegiatan sosialisasi dan pendidikan pemilih KPU Parepare, Tanhil mempertanyakan soal prosedur sebagai pemilih yang tidak terdaftar pada Daftar Pemilih Tetap (DPT), namun hanya membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP).

” Yang saya pertanyakan, apakah orang yang tidak terdaftar pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada hari pemilihan tahun 2024 nanti, bisa melakukan hak pilihnya dengan hanya membawa KTP. Misalnya, saya kan jarang dirumah, sedangkan pada saat pendataan itu saya lagi tidak ada, “ucapnya.

Menanggapi hal itu, Divisi Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat (Parmas) dan SDM KPU Kota Parepare, Firman Mustafa menjelaskan, hak pilih KTP diperbolehkan, dengan menggunakan Daftar Pemilih Khusus (DPK).

” Bisa menggunakan KTP dihari H, kalau misalkan tidak terdaftar pada DPT. Itu bisa memilih pada hari pemilihan dengan menggunakan DPK, yang mana Pemilih yang hanya membawa identitas kependudukan tetapi belum terdaftar dalam DPT, “jelasnya.(*/7ar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *