Pemkot Parepare Gelar Pendidikan Politik Perspektif Gender

INSIDENNEWS.com, Parepare — Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melalui Badan Kesbangpol melaksanakan pembukaan pendidikan politik perspektif gender tahun anggaran 2023, digelar di Auditorium Bj Habibie, Selasa (4/7/2023).

Kegiatan itu dibuka oleh Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, dihadiri, Asisten, Kepala SKPD, Camat, Lurah, dan tokoh masyarakat yang menjadi peserta.

Ketua panitia yang juga Plt Kepala Badan Kesbangpol, Rustam Asta mengatakan, tujuan kegiatan yaitu untuk memberikan pemahaman politik dalam konteks pemilu 2024, dan memenuhi keterwakilan gender.

“Termasuk mengetahui dampak keterwakilan perempuan dalam aktivitas politik. Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 hari di empat kecamatan dengan menghadirkan narasumber anggota DPRD, ketua KPU, Bawaslu dan PKK,” ungkapnya.

Sementara, Wali Kota Parepare, Taufan Pawe menyampaikan jika peran perempuan sesungguhnya terkait dengan peradaban.

“Jika melihat sejarah, nilai perempuan hanya objek, itu sebelum Islam datang. Padahal menurut saya, perempuan memiliki nilai kemuliaan, jika melihat perempuan secara totalitas adalah rahim sumber kehidupan,” katanya.

Hadirnya rezim reformasi, lanjut dia, harkat martabat perempuan diangkat derajatnya. Sehingga secara kuantitas 30 persen keterwakilan perempuan dalam pengambilan keputusan publik.

“Keterwakilan perempuan di parlemen sangat penting. Mereka (perempuan) adalah sosok terpandang yang harus diberikan ruang. Saya menilai perempuan itu cenderung jujur dan bertanggungjawab,” tandasnya.(Wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *