Taufan Pawe: Jangan Terbitkan Buku Nikah Tanpa Sertifikasi Stunting

INSIDENNEWS.com, Parepare — Persoalan stunting menjadi topik hangat yang selalu dibahas Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, di setiap forum yang dihadiri.

Menurut Walikota berlatar belakang doktor hukum ini, pencegahan dan penanggulangan stunting penting untuk mewujudkan Indonesia emas pada tahun 2045.

“Harus kita sadari, persoalan stunting berpotensi menganggu sumber daya manusia dan kesehatan generasi masa depan. Karena itu sedini mungkin perlu dicegah dan ditangani dengan baik,” kata dia.

Salah satu upayanya, lanjut dia, yaitu melalui kebijakan di KUA atau Kementerian Agama agar tidak memberikan buku nikah kepada pasangan yang belum memiliki sertifikasi stunting.

“Isu stunting jangan dianggap remeh, generasi kita akan melemah jika angka stunting ini tidak ditekan. Karena itu, maafkan saya mengeluarkan kebijakan agar tidak memberikan buku nikah bagi pasangan yang belum memiliki sertifikasi stunting,” ujarnya.

“Pasangan yang ingin memulai rumah tangga harusnya dibekali pemahaman terkait proses bagaimana menjaga kandungan dan anak agar tidak kekurangan gizi. Ini akan menjadi edukasi untuk melindungi generasi kita,” kata Taufan Pawe.(Wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *