Jalan Santai dan Donor Darah Meriahkan HUT ke-78 Gereja Paroki St Petrus Rasul Parepare

INSIDENNEWS.com, PAREPARE– Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78, Gereja Paroki St Petrus Rasul Parepare menggelar serangkaian kegiatan yang melibatkan partisipasi dari 14 rukun, 1 stasi Barru, 4 kelompok kategorial, serta perwakilan dari seluruh gereja se-Kota Parepare. Salah satu kegiatan yang digelar adalah jalan santai dengan berbagai hadiah menarik doorprize.

Kegiatan jalan santai ini dihadiri oleh Kepala Kantor Kemenag Parepare, Fitriadi, dan dilaksanakan di Halaman Gereja Paroki St Petrus Rasul, Jalan Veteran, Kota Parepare, Sulawesi Selatan. Rute jalan santai dimulai dan berakhir di basement Gereja Paroki St Petrus Rasul. Setelah jalan santai, kegiatan dilanjutkan dengan bakti kemanusiaan berupa donor darah pada pukul 08.00 WITA, Minggu (30/6/2024).

Koordinator Seksi Kesehatan HUT ke-78 Gereja Katolik Paroki St Petrus Rasul, Martha Iskandar, menyampaikan pesan tentang manfaat donor darah bagi tubuh manusia.

“Donor darah atau proses di mana kita menyumbangkan darah yang kita miliki untuk menyelamatkan nyawa orang lain. Bahkan, dalam satu donasi darah yang kita lakukan, dapat menyelamatkan hingga tiga nyawa,” pesan Martha Iskandar.

Selain bermanfaat untuk orang lain, kata Martha Iskandar, manfaat donor darah juga dapat dirasakan oleh tubuh kita secara fisik maupun mental, di antaranya adalah, meminimalisir risiko penyakit jantung, dapat mengurangi kekentalan darah dalam tubuh, menurunkan tingkat kolesterol di dalam tubuh, dan dapat menurunkan kadar oksidan di dalam tubuh dengan meningkatkan kandungan antioksidan.

“Manfaat donor darah secara mental, di antaranya mengurangi stres, mengurangi perasaan negatif, meningkatkan kesejahteraan emosi, dan menurunkan rasa terasingkan. Dengan melakukan donor darah secara rutin, secara tidak langsung kita juga bisa mendapatkan pemeriksaan kesehatan secara gratis. Karena petugas akan melakukan pemeriksaan detak jantung, tekanan darah hingga tingkat HB (Hemoglobin) sebelum melakukan pengambilan darah,” ungkap Martha.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *