Kolaborasi YLP2EM dan Pemda Parepare Perkuat Pendampingan Sosial bagi Kelompok Rentan

INSIDENNEWS.com, PAREPARE– Dalam upaya memperkuat layanan sosial bagi kelompok rentan dan marginal di Kota Parepare, Yayasan Lembaga Pengkajian, Pengembangan dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (YLP2EM) sebagai mitra BaKTI, bekerja sama dengan pemerintah daerah melaksanakan program penguatan pendamping LBK-KK (Lembaga Bantuan Khusus Kelompok Konstituen) untuk memfasilitasi perlindungan sosial (Perlinsos) Kamis (11/7/2024).

Kegiatan ini diselenggarakan di Lago’ta Cafe dan dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Parepare, Muh. Husni Syam, yang didampingi oleh Asisten II, Andi Ardian Asyraq. Acara ini juga menghadirkan dua narasumber utama, yaitu Kepala Dinas Sosial dan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, serta dihadiri oleh pendamping LBK-KK, komunitas disabilitas, dan petugas perlindungan sosial.

Koordinator Program Inklusi Parepare, Abd. Samad Syam, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat kelembagaan Kelompok Konstituen (KK) di daerah, yang berfokus pada penerimaan pengaduan, penyediaan layanan komunitas, advokasi kebijakan, serta partisipasi politik bagi kelompok rentan.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk lebih menguatkan peran pendamping LBK-KK dalam penanganan pengaduan, terutama terkait akses layanan perlindungan sosial di 15 LBK yang tersebar di setiap kelurahan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Abd. Samad Syam menambahkan bahwa pendamping LBK-KK juga akan diintegrasikan dengan pendamping dari Dinas Sosial yang bertanggung jawab atas bantuan sosial bagi kelompok rentan, khususnya kelompok disabilitas.

“Diharapkan, melalui fasilitasi yang lebih kuat ini, kelompok rentan dan marginal dapat lebih mudah mengakses bantuan sosial dengan dukungan dari pendamping LBK-KK yang bekerja sama dengan staf pendamping dari Dinas Sosial,” tutupnya.

Kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan akses dan kualitas layanan sosial bagi masyarakat rentan di Kota Parepare, sekaligus memperkuat peran pemerintah daerah dan lembaga swadaya dalam mendukung kesejahteraan sosial. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *