Operasi Patuh Mulai Digelar, Ada 8 Sasaran Pelanggaran Jadi Prioritas

INSIDENNEWS.com,PAREPARE–Operasi Kepolisian Mandiri Kewilayahan kendali pusat, dengan sandi Operasi Patuh 2024 telah resmi digelar serentak di seluruh wilayah Indonesia.

Di wilayah Sulawesi Selatan, Operasi kepolisian yang mengedepankan Satuan Lalu Lintas sebagai pengemban operasi ini disebut Operasi Patuh Pallawa 2024.

Penggelaran Ops Patuh Pallawa 2024 di wilayah hukum Polres Parepare ditandai dengan upacara gelar pasukan, yang diikuti oleh personel Polres Parepare, TNI, Brimob, dishub dan Instansi terkait lainnya, dilaksanakan di Mapolres Parepare. Senin (15/7/2024).

Amanat seragam dari Kapolda Sulsel Irjen Pol. Rian R. Djajadi yang dibacakan, Pimpinan Apel Gelar Pasukan Waka Polres Parepare, Kompol Muttalib, menyebutkan ada 8 jenis pelanggaran, yang dijadikan sasaran prioritas pada Operasi Patuh Pallawa 2024.

Jenis pelanggaran tersebut meliputi :
1. Pengendara yang menggunakan Handphone saat berkendara dan pengendara yang tidak menggunakan sabuk pengaman.
2. Pengendara yang masih dibawah umur.
3. Pengendara sepeda motor yang berboncengan lebih dari satu.
4. Pengendara yang tidak menggunakan helm standar dan knalpot tidak sesuai dengan spesifikasi teknis (brong).
5. Pengendara yang dalam pengaruh atau mengkonsumsi minuman beralkohol.
6. Pengendara yang melawan arus.
7. Kendaraan yang over dimensi / over loading, dan kendaraan yang menggunakan TNKB tidak sesuai spesifikasi teknis (plat gantung).
8. Pengemudi kendaraan yang melebihi batas kecepatan.

Dalam amanat tersebut, Kapolda berharap Operasi Patuh Pallawa, yang akan berlangsung sejak tanggal 15 hingga 28 Juli 2024 dapat menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.

“Khusunya, pada ruas jalan black spot, trouble spot serta dapat meminimalisir fatalitas korban laka lantas,”ujarnya.

Sementara, Kasat Lantas Polres Parepare, AKP Adnan Leppang mewakili Kapolres Parepare, memberikan imbauan seusai upacara gelar pasukan.

“Diharapkan masyarakat tertib berlalulintas, ikuti aturan berlalulintas guna terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas di jalan, mari kita wujudkan Lalu Lintas sebagai cermin budaya bangsa ditengah laju modernisasi,” tandasnya.

*Jer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *