Pemkot Parepare Luncurkan Pasar Tani dalam Program Pemerintah Menyapa

INSIDENNEWS.com, PAREPARE– Pemerintah Kota Parepare kembali menggelar program “Pemerintah Menyapa,” yang bertujuan untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat. Kali ini, program tersebut sekaligus meresmikan Pasar Tani yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan (PKP) Parepare pada Kamis, (18/7/2024).

Penjabat (Pj) Wali Kota Parepare, Akbar Ali, yang hadir langsung dalam acara tersebut, secara resmi meluncurkan Pasar Tani. Dalam sambutannya, Akbar Ali menyampaikan bahwa Pasar Tani memiliki kaitan erat dengan program Pemerintah Menyapa, karena kegiatan yang berinteraksi langsung dengan masyarakat, termasuk petani, merupakan bagian penting dari program ini.

Akbar Ali mendorong agar Pasar Tani, yang menawarkan berbagai jenis komoditas hasil produksi pertanian Parepare dengan harga terjangkau, tidak hanya hadir setiap Jumat, tetapi bisa diadakan setiap hari di berbagai lokasi di Parepare. Ia mengusulkan agar Pasar Seni yang belum termanfaatkan dengan baik bisa digunakan sebagai tempat memperkenalkan bibit dan hasil produksi pertanian, sekaligus menjadi tempat edukasi dan wisata.

“Pasar Seni bisa dimanfaatkan untuk promosi komoditas pertanian, tidak hanya dari Parepare, tetapi juga dari daerah lain di Ajatappareng, Utara Sulsel, hingga Sulbar. Di tempat itu, kita bisa mengedukasi anak-anak untuk mencintai alam dan pertanian,” ungkap Akbar Ali. Ia menambahkan bahwa Pasar Seni dapat menjadi pusat pameran komoditi, menjadikan Parepare sebagai pusat promosi pertanian di kawasan tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas PKP Parepare, Wildana, dalam laporannya menyampaikan bahwa Pasar Tani ini merupakan program rutin yang dilaksanakan setiap Jumat dan bekerja sama dengan beberapa mitra. Pasar Tani menawarkan produk-produk pertanian berkualitas dengan harga terjangkau bagi masyarakat.

Dalam acara tersebut, Wildana juga memperkenalkan beberapa alat dan mesin pertanian (Alsintan) bantuan dari pemerintah pusat, serta diadakan penyerahan simbolis BPJS Ketenagakerjaan kepada beberapa kelompok tani. Usai kegiatan, Akbar Ali menyempatkan diri mengunjungi beberapa gerai, bertransaksi membeli produk pertanian, serta melakukan panen cabai rawit dan ikan nila di lokasi perkebunan Dinas PKP. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *