Lomba Masak DASHAT Meriahkan Hari Kedua Peringatan Harganas ke-31 di Parepare, Fokus Edukasi Remaja Cegah Stunting

INSIDENNEWS.com, PAREPARE– Pada hari kedua peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 tingkat kota Parepare tahun 2024, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Parepare bekerja sama dengan Forum Genre menggelar lomba masak bertema DASHAT (Dapur Sehat Atasi Stunting). Acara ini melibatkan remaja dari berbagai perwakilan sekolah tingkat SMP dan SMA, dan berlangsung di halaman rumah jabatan Walikota pada Jumat, (2/8/2024).

Menurut Kepala DPPKB Parepare, Amarun Agung Hamka, berbagai kegiatan telah dilakukan pada hari kedua peringatan Harganas ini. Diawali dengan senam bersama remaja, pemeriksaan kesehatan gratis, serta pemberian pil tambah darah, kegiatan dilanjutkan dengan lomba masak makanan bergizi untuk pencegahan stunting.

“Di sore hari, kita akan lanjutkan dengan lomba ketangkasan dan kerjasama yang juga diikuti oleh remaja, termasuk lomba memasak,” jelas Hamka.

Lebih lanjut, Hamka menjelaskan bahwa lomba ini merupakan bagian dari program pemerintah kota untuk mempersiapkan generasi baru menghadapi Indonesia Emas 2045. Ia menegaskan pentingnya fokus pada remaja, yang diharapkan kelak mampu melahirkan generasi yang sehat dan terampil.

Melalui Harganas tahun ini, Hamka berharap dapat mengedukasi dan memotivasi remaja dalam menerapkan pola makan sehat serta mengenalkan konsep DASHAT sebagai upaya untuk mengatasi stunting. “Pencegahan stunting harus dimulai dari hulu, dengan mempersiapkan remaja sebelum menikah, merencanakan pernikahan dan kehamilan, sehingga mereka siap melahirkan generasi yang sehat,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *