Pemkab Pinrang Gelar Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-79

INSIDENNEWS.com, PINRANG– Pemerintah Kabupaten Pinrang menggelar Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di Halaman Kantor Bupati Pinrang, Sabtu (17/8). Upacara tersebut dipimpin oleh Pj. Bupati Pinrang, H. Ahmadi Akil, S.E., M.M., selaku Inspektur Upacara.

Upacara ini dihadiri oleh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Sekretaris Daerah Kabupaten Pinrang A. Calo Kerrang, Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta peserta upacara lainnya. Kehadiran berbagai elemen pemerintah dan masyarakat menunjukkan semangat dan rasa hormat dalam memperingati momen bersejarah kemerdekaan Indonesia.

Upacara dimulai dengan pembacaan teks Proklamasi oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pinrang dan dilanjutkan dengan Pengibaran Bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang berlangsung dengan penuh khidmat. Pengibaran bendera ini mencerminkan semangat nasionalisme dan kecintaan terhadap tanah air.

Seusai upacara, Pj. Bupati H. Ahmadi Akil menegaskan makna penting dari Detik-Detik Proklamasi sebagai simbol perjuangan dan kemerdekaan bangsa Indonesia. Menurutnya, upacara ini diharapkan tidak hanya menjadi sebuah seremonial, tetapi juga menjadi pengingat untuk terus mengedepankan semangat nasionalisme dan dedikasi dalam membangun Kabupaten Pinrang.

“Momen ini diharapkan dapat menjadi kesempatan untuk memperkuat rasa kebersamaan dan semangat juang dalam rangka memajukan daerah serta melanjutkan perjuangan para pahlawan untuk mengisi kemerdekaan,” ujar Pj. Bupati Ahmadi Akil.

Lebih lanjut, Pj. Bupati Ahmadi Akil mengharapkan agar melalui upacara ini, seluruh masyarakat dapat lebih menghargai arti kemerdekaan dan berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam pembangunan dan kemajuan daerah, bangsa, dan negara dengan prestasi dan hal-hal positif lainnya.

“Kemerdekaan ini harus kita isi dengan hal-hal positif, karya nyata, dan kontribusi yang membawa manfaat bagi daerah dan bangsa,” tambahnya.

Kegiatan upacara ini juga dirangkaikan dengan beberapa agenda penting lainnya, termasuk pemberian remisi kepada narapidana Rumah Tahanan Negara Kelas IIb Pinrang, penghargaan kepada Kepala Desa, Lurah, dan Kepala Lingkungan yang berhasil mencapai target Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tertinggi, serta penganugerahan Satyalancana Karya Satya 30, 20, dan 10 Tahun yang diserahkan langsung oleh Pj. Bupati Pinrang.

Peringatan kemerdekaan ini menjadi momen penting bagi seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Pinrang untuk terus memperkokoh semangat kebersamaan, meningkatkan kontribusi, dan menjaga persatuan serta kesatuan bangsa. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *