Festival Salo Karajae 2024 Resmi Dibuka, Diharapkan Mampu Dorong Pemulihan Ekonomi Parepare

INSIDENNEWS.com, PAREPARE– Festival Salo Karajae 2024 resmi dibuka pada Sabtu malam (24/8/2024) di kawasan Tonrangeng River Side, Parepare. Acara yang bertujuan untuk mengeksplorasi kearifan lokal masyarakat pesisir sungai Karajae ini diharapkan mampu membangkitkan sektor pariwisata dan memulihkan perekonomian daerah.

Sekretaris Daerah Kota Parepare, Muh. Husni Syam, yang mewakili Penjabat Wali Kota Akbar Ali dalam pembukaan festival, mengungkapkan kebanggaannya bahwa event ini kembali masuk dalam Top 100 Karisma Event Nusantara (KEN). KEN merupakan program kolaborasi antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan pemerintah daerah untuk meningkatkan citra pariwisata Indonesia.

“Festival tahun ini lebih meriah dengan berbagai kegiatan seperti Pameran UMKM, Lomba Dayung, Lomba Gandrang Bulo, Tari Kreasi, Lomba Nyanyi Daerah, Pentas Kreativitas Pemuda, Fashion Show, Habibie Run, dan lomba lainnya,” ujar Husni.

Dengan tema “Memajukan Perekonomian Daerah Melalui Event”, Festival Salo Karajae 2024 diharapkan memberikan dampak positif bagi masyarakat dan sektor pariwisata. Kehadiran pelaku UMKM yang menampilkan produk-produk kreatif dan unik turut mempromosikan ekonomi lokal serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mendukung produk dalam negeri.

Pemerintah Kota Parepare berharap festival ini tidak hanya menjadi ajang hiburan, tetapi juga sebagai platform untuk meningkatkan perekonomian lokal melalui penjualan produk lokal, penyediaan lapangan kerja sementara, dan peningkatan jumlah wisatawan. Sebagai kota pelabuhan yang strategis, Parepare dinilai memiliki potensi besar dalam pengembangan sektor pariwisata.

Pemerintah daerah juga telah melakukan berbagai pembangunan prestisius yang diharapkan dapat menjadi magnet wisata bagi masyarakat lokal maupun dari daerah sekitar. Festival Salo Karajae 2024 diharapkan dapat berlangsung sukses dan terus menjadi bagian dari agenda Karisma Event Nusantara di tahun-tahun mendatang, mendukung visi Kota Parepare sebagai kota tujuan investasi dan wisata. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *