Pemkot Parepare Dukung Penuh Keberlangsungan Aktivitas Bongkar Muat Kapal Kargo PT Meratus Line

INSIDENNEWS.com, PAREPARE– Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare terus mendorong keberlangsungan aktivitas bongkar muat kapal kargo yang dikelola oleh PT Meratus Line, perusahaan yang telah beroperasi sejak April 2024. Sebagai upaya peningkatan, Pemkot Parepare akan meresmikan kegiatan ini secara seremonial dengan mengundang bupati se-Ajatappareng dan pimpinan daerah di Sulawesi Barat (Sulbar), Selasa, 09/7/2024.

Wali Kota Parepare, Akbar Ali, menyatakan bahwa peresmian ini bertujuan untuk mensosialisasikan aktivitas bongkar muat di Parepare kepada seluruh bupati di Ajatappareng serta pimpinan daerah di Sulbar. Hal ini penting untuk menyampaikan bahwa produk komoditi natura dari wilayah mereka kini dapat langsung didistribusikan melalui pelabuhan Parepare tanpa harus ke Makassar.

“Dengan adanya PT Meratus Line yang melakukan pendistribusian barang di Parepare, infrastruktur kita akan terjaga dan terawat,” ujar Akbar Ali. “Ini juga menghemat biaya para distributor.”

Akbar juga menambahkan bahwa saat ini, aktivitas bongkar muat di Parepare meliputi pengiriman barang distribusi ke Kalimantan dan Surabaya, mengurangi beban infrastruktur dari jalur darat yang harus melintasi Barru, Pangkep, dan Maros.

General Manager (GM) PT Pelindo Persero Regional 4 Parepare, Sardi, menjelaskan bahwa layanan petikemas ini direspon oleh permintaan dari pengusaha dan pemilik barang. Setelah PT Meratus Line melakukan survei kelayakan pasar, kapal perdana mereka bersandar di Dermaga Cappa Ujung Parepare sejak awal April, membawa 75 Box Bongkaran. Hingga saat ini, sudah tercatat 6 kali kapal petikemas bersandar dengan jumlah bongkar muat mencapai 984 Box atau 1.082 Teus.

“Diharapkan, kegiatan ini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi Parepare dan sekitarnya, mempercepat distribusi barang, menekan biaya logistik, serta membuka lapangan kerja bagi warga Parepare dan sekitarnya,” tambah Sardi. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *